walid

Kenapa Pentingnya mendapatkan Sertifikasi di Bidang IT/sebagai Programmer

Mendapatkan sertifikasi di bidang IT atau sebagai programmer penting karena memberikan pengakuan industri, validasi keahlian, meningkatkan produktivitas, mendorong keberlanjutan pembelajaran, dan secara signifikan meningkatkan peluang karir.

Published by Moh. Walid Arkham Sani on Saturday, 16 December 2023

storyprogramming


Di era digital sekarang ini yang semuanya sangat disruptif terus berkembang, profesi di bidang Teknologi Informasi (IT) dan programming menjadi semakin dicari. Programmer kompeten tak hanya mengandalkan berbagai macam jenis pengetahuan dan skill praktis terkait IT, tetapi juga sangat penting untuk memiliki pengakuan formal atas skill-skill tersebut. Inilah mengapa mendapatkan sertifikasi di bidang IT atau sebagai programmer menjadi hal yang penting. Dalam artikel ini, izinkan saya untuk membahas alasan-alasan mengapa mendapatkan sertifikasi menjadi bagian integral dari kehidupan profesional dalam dunia IT.

Read the 1. Pengakuan dari "Industri" section.1. Pengakuan dari "Industri"#

Sertifikasi di bidang IT adalah suatu pengakuan formal dari "industri". Sertifikasi tersebut menunjukkan bahwa programmer telah melewati ujian dengan standar tertentu dalam skill dan pengetahuan. Pengakuan tersebut meningkatkan reputasi dan kredibilitas programmer di mata perusahaan, klien, dan rekan kerja.

Read the 2. Validasi Skill section.2. Validasi Skill#

Sertifikasi merupakan validasi yang nyata terhadap skill seorang programmer. Dengan mengikuti ujian sertifikasi, programmer membuktikan bahwa mereka memiliki pemahaman mendalam tentang IT, konsep-konsep, dan teknologi terbaru. Hal tersebut tak hanya meningkatkan rasa percaya diri, tetapi juga memberikan bukti kepada pihak lain bahwa programmer si pemilik sertifikasi memiliki skill yang dibutuhkan untuk suatu project yang akan dikerjakan.

Read the 3. Peningkatan Produktivitas section.3. Peningkatan Produktivitas#

Sertifikasi tak hanya mengukur pengetahuan terkait teori saja, tetapi juga melibatkan praktek secara praktisnya dalam problem solving di dunia nyata. Pembelajaran dalam meraih sertifikasi melatih programmer untuk mendalami skill sekaligus menerapkannya dalam kondisi nyata yang seringnya lebih kompleks dibandingkan dengan teorinya. Proses-proses tersebut tentu melatih dan meningkatkan produktivitasnya, sehingga certified programmer memiliki pemahaman yang lebih baik tentang cara mengatasi tantangan yang mungkin timbul.

Read the 4. Komitmen Belajar Yang Berkelanjutan section.4. Komitmen Belajar Yang Berkelanjutan#

Dunia IT terus berkembang dengan cepat. Teknologi, infrastruktur, dan cara-cara development yang baru selalu muncul dan berkembang. Bagi orang-orang, untuk mendapatkan sertifikasi memerlukan komitmen untuk terus belajar dan beradaptasi dengan perubahan. Sertifikasi sering kali harus diperpanjang setiap beberapa tahun, memastikan bahwa certified programmer tetap relevan sepanjang waktu.

Read the 5. Peningkatan Peluang Karir section.5. Peningkatan Peluang Karir#

Certified programmer tentu memiliki keunggulan kompetitif di lingkungan "industri" dan bursa kerja. Perusahaan-perusahaan mencari karyawan yang memiliki sertifikasi karena itu merupakan bukti nyata dari kemampuan dan dedikasi programmer terhadap pekerjaan profesionalnya. Peningkatan peluang untuk mendapatkan pekerjaan atau promosi menjadi lebih mungkin dengan adanya sertifikasi.


Mendapatkan sertifikasi di bidang IT atau sebagai programmer bukan hanya tentang memiliki piagam/sertifikat sebagai bukti. Semuanya ini tentang meningkatkan skill diri sendiri, memvalidasi skill kita, dan menjaga relevansi serta standar dalam "industri" yang terus berubah. Sertifikasi adalah investasi dalam karir yang dapat membuka pintu untuk peluang yang lebih baik dan mengarah pada kesuksesan jangka panjang dalam dunia IT yang dinamis.



Kunjungi Codepolitan.com, Alibabacloud.com, Campuscoder.id, dan Devhandal.id untuk mendapatkan informasi terkait dengan course pembelajaran dan sertifikasi programmer!